Temu Mangga Curcuma Mangga

temu-manggaTanaman temu mangga (curcuma mangga, Val) memiliki lebar daun antara 7-15 cm serta bunga berwarna putih. Rimpang bagian dalamnya berwarna kuning muda dan baunya menyerupai mangga.

Temu mangga tumbuh terbatas di tempat yang bersuhu dingin di Indonesia. Temu mangga mempunyai ciri tertentu, antara lain bintik umbinya seperti umbi jahe dan berwarna kuning muda (krem). Dalam keadaan segar baunya seperti buah mangga kweni dan bila telah diekstrak atau dijadikan bubuk, wanrnya tetap kuning muda (krem). Temu mangga dimanfaatkan untuk mencegah dan membantu mengatasi kanker.

Dalam dunia pengobatan herbal, bagian tanaman temu mangga yang digunakan adalah rimpang temu mangga. Secara empiris, temu mangga bisa digunakan sebagai obat sakit perut, pengurang lemak perut, penambah nafsu makan, penguat syahwat, penangkal racun, penurun demam, pencahar, obat gatal, obat bronchitis, obat asma, obat masuk angin, obat penyakit kulit dan obat radang.

Temu mangga memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat herbal yang memang sejak lama telah digunakan oleh nenek moyang kita dulu. Manfaat temu mangga sebagai obat herbal alami untuk mengatasi beberapa jenis penyakit, tak lepas dari kandungan senyawa alamiah yang terkandung dalam rimpang temu mangga seperti minyak asiri, kurkumin, amilum, tanin, gula dan damar.

Penggunaan temua mangga dapat digunakan dengan cara rimpang temu mangga dimakan sebagai lalap. Selain itu direbus, atau di jus, kemudian airnya diminum. Zat –zat yang terdapat dalam rimpang temu mangga berkhasiat sebagai obat sakit perut, sakit pinggang, luka memar, penyakit kulit, bronkitis dan asam, serta keseleo. Selain itu, rimpang temu mangga juga berkhasiat sebagai peluruh angin, penguat lambung, pembangkit selera makan, penurun panas karena infeksi, penangkal racun, pelangsing tubuh dan peluruh air seni.

Selain kandungan senyawa alamiah yang telah disebutkan. Temu mangga memiliki kandungan senyawa alami lainnya seperti tanin dan flavonoid yang berkhasiat sebagai antioksidan dan kandungan sesquiterpen yang berkhasiat sebagai antiradang.

Menurut hasil penelitian American Institute Cancer Reports, temu mangga juga mengandung RIP (Ribosome inacting protein) yang bersifat sebagai penghambat dari pertumbuhan sel kanker, memecahkan sel kanker tanpa merusak jaringan sel-sel tubuh yang sehat dan normal, serta membantu menghentikan pertumbuhan kanker. Antioksian yang terkandung dalam rimpang temu mangga berfungsi sebagai pencegah dari kerusakan gen dan kandungan kurkumin sebagai antiradang.

Rimpang temu mangga yang dapat larut di dalam alkohol berkhasiat mencegah kekambuhan dari penyakit malaria. Dan abu yang berasal dari rimpang temu mangga yang dibakar dapat digunakan sebagai obat luka untuk menghentikan perdarahan.


=====================================

>>> Jual Kapsul Temu Mangga , Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Temu Mangga and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>